Selasa, 26 Maret 2013

Jurnalistik Online: Generasi Baru Jurnalistik

Era globalisasi membuat segala perubahan terjadi dalam segala bidang.  Termasuk jurnalistik, kegiatan ini mengalami perkembangan kearah yang lebih maju. 

Dahulu orang mengenal kegiatan jurnalistik hanya menghasilkan karya berupa produk cetak saja.   Tetapi sekarang jurnalistik telah mampu mengembangkan cara penyampaian informasi melalui jurnalistik generasi baru yakni jurnalistik online. 

Jurnalistik online merupakan kegiatan mencari, megumpulkan, mengolah sebuah informasi dan kemudian menyebarkannya dengan menggunakan internet sebagai jaringannya.

Jurnalistik online pula dipandang sebagai senjata ampuh dalam penyebaran suatu informasi. Kemudahan mengakses menjadi point plus bagi jurnalistik generasi baru ini. Dan masyarakat pun telah menjadikan dunia internet (cyber) sebagai bagian dari kehidupannya.
  
Maka dari itu, media massa memanfaatkan moment ini untuk mengalihkan perhatian masyarakat terhadap pemberitaan atau akses informasi melalui jurnalistik online. 

Jurnalistik online mampu berkembang pesat. Situs-situs resmi media massa yang pada awalnya media massa tersebut hanya menghasilkan cetak dan elektronik saja, kini hadir dengan jurnalistik generasi baru yakni jurnalistik online (online journalism). 

0 komentar:

Posting Komentar